News

Panel Surya Mulai Dipasang di Sejumlah Sekolah di Kota Solo

SOLO – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka meresmikan secara langsung pemasangan atap panel surya dari CSR yang diberikan oleh Yayasan Sinar Utama Nusantara. Pemasangan panel surya bertujuan untuk membantu pemenuhan kebutuhan listrik di sekolah. Peresmian bantuan panel surya dipasang di SDN Kleco 1, SDN Kleco 2, dan SMPN 3 Surakarta, Jumat (11/2) pagi.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan, pemasangan atap panel surya di sekolah bertujuan untuk membantu produksi energi listrik yang lebih ramah lingkungan. Beberapa sekolah di Solo juga telah dipasang atap panel surya untuk memenuhi kebutuhan listrik saat proses pembelajaran. Bantuan panel surya bersumber dari beberapa perusahaan CSR.

“Sudah ada di dua SD, satu SMP, dan beberapa SMK. Nanti tergantung kebutuhannya, kami koordinasikan dengan PT. SUN. Yang penting untuk KBM (kegiatan belajar mengajar) juga. Nanti ada beberapa lokasi yang sudah kami pilih, nanti kami sebar, dapat semua,” ujar Gibran.

Sementara itu Kepala SD Kleco 1 Tri Atmoko mengatakan, bantuan berupa panel surya untuk kebutuhan listrik sekolah sangat membantu. Pasalnya, listrik sekolah masih sangat kurang untuk menunjang kegiatan pembelajaran secara maksimal. Sekolah juga sangat diuntungkan dengan pemasangan panel surya untuk mengurangi polusi udara di sekolah.

“Pada saat kami urgent listrik PLN padam. Kami masih punya cadangan. Penggunaan panel surya ini juga bisa menghemat penggunaan listrik. Kalau sehari saja Rp. 3.000, kalau sebulan cukup lumayan. Ini bisa semakin hemat,” ujarnya.

Dilain sisi Corporate External Affair Head Anggita menambahkan, pemasangan panel surya disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Panel surya pada SDN Kleco 1 berkapasitas 3,1 kwp. Nantinya akan menggunakan panel surya, dengan ini sekolah dapat menghemat penggunaan listrik sampai 30 persen. Semakin kuat penyerapan sinar matahari, maka semakin banyak energi listrik yang dihasilkan. Ada juga solar charging point sebagai pelengkap fasilitas pemenuhan listrik di sekolah.

”Bantuan ini juga sebagai edukasi untuk pendidikan. Siswa nantinya akan mengetahui bahwa matahari bisa untuk sumber energi juga. Sekaligus sebagai upaya untuk mengurangi pencemaran lingkungan,” imbuhnya

Sementara itu pemasangan panel surya di sekolah juga sebagai upaya untuk mewujudkan cita-cita wali kota yang ingin menjadikan Solo sebagai kota ramah lingkungan. Anggita menyebutkan, sampai saat ini total ada lima sekolah di Solo yang telah terpasang panel surya. Diantaranya di SMKN 2 Surakarta, SMKN 5 Surakarta, dan tiga sekolah yang baru diresmikan. (ian/nik)

Related Content